Visi Misi Dinas

    Selanjutnya, yang menjadi landasan perumusan visi Dinas Perindag Provinsi Sulawesi Tengah adalah visi RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016-2021 yaitu “Sulawesi Tengah Maju, Mandiri dan Berdaya Saing”. Berdasarkan berbagai acuan visi yang telah dikemukakan tersebut, maka visi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah adalah:

    MEWUJUDKAN INDUSTRI DAN PERDAGANGAN YANG MAJU, MANDIRI, DAN BERDAYA SAING SEBAGAI SEKTOR PENGGERAK UTAMA PERTUMBUHAN EKONOMI SULAWESI TENGAH

    Visi tersebut mengandung makna yang tercermin dari pokok-pokok yang ada yaitu industri, perdagangan, maju, mandiri, dan berdaya saing. Guna mencapai visi tersebut maka akan dijabarkan kedalam 5 (lima) misi yaitu:

    1. Mengembangkan kawasan industri dalam rangka mewujudkan industri daerah yang maju, dan berdaya saing.
    Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berupaya untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui pengembangan kawasan industri untuk menumbuhkan industri besar. Hal ini sangat penting karena provinsi merupakan center dari aktivitas industri di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi, sehingga industri kecil dan menengah yang ada di kabupaten/kota akan ikut berkembang. Untuk mempercepat tumbuhnya industri yang maju, mandiri dan berdaya saing perlu dibangun dan dikembangkan kawasan-kawasan industri.
    2. Meningkatkan perdagangan dalam negeri dan luar negeri yang menjadi berkualitas.
    Misi ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar perdagangan Sulawesi Tengah pada skala nasional dan internasional. Agar dapat unggul, maju dan menguasai pasar, maka kualitas produk perdagangan harus memiliki daya saing yang tinggi.
    3. Menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan industri dan perdagangan yang berdaya saing.
    Peran Sektor Industri dan Perdagangan dalam meningkatkan perekonomian di Sulawesi Tengah dapat dipercepat dengan menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan. Kewirausahaan yang profesional dapat terwujud melaluipeningkatkan kualitas SDM Wirausaha, khususnya dalam aspek manajemen usaha, penguasaan teknologi dan informasi, serta penguasaan akses pasar.
    4. Mendorong kemajuan hilirisasi produk unggulan Sulawesi Tengah.
    Misi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah (value added) produk unggulan Sulawesi Tengah, sehingga dapat mengurangi ekspor dalam bentuk bahan mentah (raw material). Jika hilirisasi produk dapat ditingkatkan maka menciptakan dan memperluas kesempatan kerja di Sulawesi Tengah.
    5. Meningkatkan pelayanan kemetrologian, pengujian sertifikasi mutu barang dan perlindungan konsumen.
    Misi ini menitikberatkan pada kualitas layanan (service quality) yang handal/reliable, cepat tanggap, berempati, dan kepastian jaminan (assurance) dalam perizinan dan pelaksanaan pelayanan umum di bidang perindustrian, perdagangan dan kemetrologian sertaaa serftifikasi mutu barang lintas kabupaten/kota. Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan perlindungan konsumen melalui berbagai macam upaya diantaranya adalah menjadikan konsumen cerdas.

Kategori Artikel
Link Terkait
Info User
IP User : 3.214.224.207
Waktu : 10 : 11 : 05
Tanggal : 25 October 2021
Browser : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)